IMPLEMENTASI SOURCE CODE & ELEMEN-ELEMEN PADA GAME SPACE PUZZLE

Pada postingan kali ini saya akan membahas sekilas tentang sorce code pada elemen-elemen dalam game space puzzle, sebagai berikut :

Source code untuk menu Form_load, yang berfungsi untuk memulai aplikasi :

Private Sub Form_Load()
puzzle_pic.Enabled = False
Shapel.Visible = False

Source_Pic.Picture = LoadPicture(App.Path
& “\puzzle01.jpg”)
call Backgroundmusic
File1.Path = App.Path & “\”
File1.Pattern = “*.jpg;*.gif”
End Sub

Source CodeĀ  untuk Load_Button yang berfungsi untuk memilih gambar dari planet-planet yang disediakan .

Private Sub Load_Btn_CliCk()
Source_pic.Picture = Load Picture(App.Path &
“\” & File1.FileName
Call Size_btn_Click(0)
End Sub

Source code untuk tempat puzzle berada :
Private Sub Puzzle_pic_Click()
Dim mousepoint As pointapi
Dim x As Integer
Dim y As Integer
Dim temp As Integer

GetCursorPos mousepoint
ScreenToClient Puzzle_Main.hwnd, mousepoint

x = Int(mousepoint.x / PieceWidth)
y = Int(mousepoint.y / PieceHeight)
If Has_select = False Then
Shapel.Left = x * PieceWidth
Shapel.Top = y * PieceHeight
Shapel.Visible = True
oldx = x
oldy = y
Has_select = True

Else:
temp = block(oldx, oldy)
block(oldx, oldy) = block(x, y)
block(x, y) = temp
Shapel.Visible = False
Has_select = False
display_puzzle
End If
check_correct

End Sub

source code untuk memilih jumlah potongan kepingan puzzle .

Private Sub Size_btn_Click(Index As Integer)
Dim i As Integer
Dim j As Integer

timecount = 0
Timer1.Interval = 1000

Select Case Index
Case 0
rows = 4
columns = 4
Case 1
rows = 8
columns = 5
Case 2
rows = 10
columns = 10
End Select

Puzzle_pic.Enabled = True
maxpieces = rows * columns
PieceHeight = PZHEIGHT / rows
PieceWidth = PZWIDTH / columns
Shapel.Height = PieceHeight
Shapel.Width = PieceWidth
Shapel.Visible = False

For i = 0 To (columns – 1)
For j = 0 To (rows – 1)
block(i, j) = -1
Next j
Next i

Call scramble_puzzle

End Sub

Source code untuk mengacak-acak potongan puzzle :

Sub scramble_puzzle()
Dim i As Integer
Dim x As Integer
Dim y As Integer

For i = 0 To (maxpieces – 1)
Do
Randomize Timer
x = Int(Rnd * columns)
y = Int(Rnd * rows)
Loop Until block(x, y) = -1
block(x, y) = i
Next i

call display_puzzle

End Sub

Source code untuk keluar dari program :

Private Sub Form_Unload(Cancel As Integer)
CloseBGM
End Sub

Source code untuk mengatur timer atau waktu dari permainan puzzle tersebut :

Private Sub Timer1_Timer()
timecount = timecount + 1
Labell.Caption = “Time Elapsed: ” & timecount
& ” sec”
Labell.Refresh
End Sub

Private Sub Timer2_Timer()
ServiceBackgroundMusic “BGM”
End Sub

Source Code diatas adalah potongan source code pada game space puzzle yang terdiri dari beberapa elemen :

Load_Button

Informasi Waktu

Tempat puzzle (puzzle Picture)

Button untuk memilih jumlah potongan puzzle